Sri Mulyani: Semua Orang Bisa Jadi Pahlawan

Dalam rencana mengingati Hari Pahlawan ke-75, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ajak warga Indonesia untuk tidak gentar berusaha. Intinya pada kondisi wabah covid-19 yang kini sedang berjalan di Tanah Air. Mengangkat topik ‘Pahlawanku Sejauh Masa’, Sri Mulyani menulis tiga nilai yang pantas diteladani dari tiap kejadian yang melahirkan pahlawan. Pertama, Menkeu sampaikan jika pahlawan datang sebab ada rintangan. “Tiap adegan dalam riwayat Republik Indonesia terus datang rintangan, terus datang masalah. Serta disanalah kita menyaksikan pahlawan-pahlawan yang dilahirkan,” kata Sri Mulyani dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Ke-2 , sambungnya, dalam semua adegan pahlawan ada selalu kata ‘perjuangan’. Berusaha ialah salah satu langkah hadapi rintangan, masalah serta masalah yang mengadang negara dan bangsa. Menkeu memandang, semua proses untuk capai harapan membutuhkan perjuangan yang kerap minta pengorbanan. Disanalah, kata Sri Mulyani, selanjutnya lahir sikap kepahlawanan. “Semua Pahlawan ialah mereka yang pilih berusaha. Serta bukan hanya berdiri dari sisi serta menyaksikan temannya bergelut dalam perjuangan,” katanya.

Seterusnya, komponen ke-3 dari pahlawan ialah seluruh orang menjadi pahlawan. Menkeu menjelaskan, pada kejadian 10 November, Bung Tomo selaku salah satunya pahlawan berusaha dengan membakar semangat serta berani tanpa rasa kecemasan pada keselamatan diri kita.

Tetapi, Bung Tomo tidak sendiri. Ada beberapa pahlawan yang lain yang ikut serta dalam merealisasikan semangat untuk menantang penjajah. Sampai selanjutnya sanggup menjaga kemerdekaan Tanah Air.

“Jadi, pahlawan tidak berusaha sendiri,” kata Sri Mulyani.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi jadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rencana mengingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020). Upacara diadakan di Taman Pusara Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasar pengamatan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi masuk posisi upacara seputar jam 08.10 WIB ditemani Wakil presiden Mahfud Md. Ke-2 nya terlihat menggunakan masker berwarna hitam selaku prosedur kesehatan menahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Tidak lama, acara upacara juga diawali pada jam 08.13 dengan memberi penghormatan ke arwah beberapa pahlawan. Selanjutnya, Jokowi pimpin acara heningkan cipta untuk kenang kembali layanan pahlawan.

Upacara peringatan Hari Pahlawan didatangi oleh beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka diantaranya, Menteri Koordinator Sektor Politik, Hukum, serta Keamanan Mahfud Md, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi, Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kapolri Jenderal Idham Azis.

Baik beberapa menteri atau petugas upacara mengaplikasikan prosedur kesehatan yaitu, menggunakan masker serta jaga jarak aman. Dalam kesempatan kali ini, Jokowi menempatkan karangan bunga selaku sinyal penghormatan ke arwah pahlawan.

Jokowi serta Ma’ruf Amin lalu lakukan taburi bunga di pusara pahlawan, diantaranya Ketua MPR RI masa 2009-2014 Taufiq Kiemas. Jokowi serta Ma’ruf juga terlihat doakan arwah pahlawan.

Pidato Bung Tomo, membakar semangat seluruh arek Surabaya untuk menjaga kemerdekaan, memulai tindakan teatrikal pertarungan heroik 10 November yang diadakan dalam serangkaian, acara parade Surabaya Juang 2019.

error: Content is protected !!