Agar Tepat Sasaran, Distribusi Pupuk Subsidi dengan Kartu Tani Dilakukan Bertahap

Kementerian pertanian pastikan skema distribusi pupuk bantuan memakai kartu tani akan dikerjakan secara setahap. Ini dikerjakan untuk sesuaikan persiapan fasilitas serta prasarana simpatisan. Seperti mesin edc. Menteri pertanian syahrul yasin limpo menjelaskan. Kementerian pertanian benar-benar konsen untuk mengoptimalkan distribusi pupuk bantuan. “kita akan optimalkan skema distribusi supaya pupuk bantuan betul-betul dapat diterima oleh petani yang memerlukan. Oleh karenanya. Skema distribusi lagi kita benahi. Baik dari pencatatan lewat erdkk sampai memakai kartu tani. Kita yakinkan dulu persiapannya saat sebelum kartu tani diaplikasikan secara efektif.” ucapnya.

Sesaat dirjen prasarana serta fasilitas pertanian (psp) kementerian pertanian. Sarwo edhy. Dalam tatap muka rencana keperluan pupuk bantuan 2021. Di kota bogor. Senin (9/11/2020). Kementan memberi perhatian optimal untuk pupuk bantuan. “di 2021. Berdasar hasil nota keuangan. Untuk pupuk bantuan sejumlah rp 25.3 triliun. Benar-benar turun dari tahun 2020. Tetapi tetap kita usulkan jika kelak di atas lapangan ada kekurangan sama seperti yang berlangsung di 2002-2020 ini dari bujet awalnya rp 26.6 triliun. Kita minta tambahan sejumlah rp 3.14 triliun serta alhamdulillah bantuan pada tahun 2020 ini jadi 8.9 juta ton. Hingga diprediksikan untuk pertanaman 2020 ini cukup hanya ada tambahan pupuk bantuan itu.” terangnya.

Sarwo edhy menerangkan. Penebusan pupuk bersubsidi masih difungsikan untuk beberapa daerah atau untuk dusun atau kecamatan yang telah memperoleh sarana edc serta kartu tani.

“tetapi untuk beberapa petani yang belum memiliki kartu tani. Masih dapat dikerjakan penebusan pupuk bantuan secara tertutup. Secara manual. Kita akan mengaplikasikan kartu tani ini sesuai anjuran kpk tentu saja secara setahap. Kami barusan telah sampaikan ke rekan-rekan di himbara baik dari bri. Bni 46. Atau berdikari. Untuk selekasnya lengkapi sarana-fasilitas yang diperlukan. Oleh kios-kios serta petani.” katanya.

Menurut dia. Berkaitan penerapan kartu tani ini. Taktiknya ialah coba memetakan berdasar erdkk.

“yang diusulkan oleh beberapa petani berapakah sich? Keperluannya. Selanjutnya kelak kita pengaturan dengan pupuk indonesia dan anak perusahaannya supaya dipetakan daerah-daerah. Yang mana daerah pt pusri. Daerah pupuk kalimantan timur. Dan daerah pupuk kujang. Daerah iskandar muda. Serta mereka harus turun ke bawah untuk pastikan stock di semasing gudang di baris 2 serta baris 3 cukup.” ucapnya.

Tidak itu saja. Pupuk indonesia harus pastikan pada tingkat kios bila pupuk cukup. Tentu saja sesuai erdkk yang telah diatur oleh beberapa petani.

 

 

error: Content is protected !!